Cara Mencari Nilai Dividen di Laporan Keuangan

Dividen adalah salah satu return yang ingin dicapai oleh trader maupun investor. Terkait pembayaran dividen ini, banyak rekan2 yang bertanya pada saya:

"Pak Heze, gimana cara mencari nilai dividen perusahaan di laporan keuangan? Apakah bisa kita melihatnya melalui laporan keuangannya?" 

Tentu saja bisa. Anda yang ingin melihat nilai dividen yang dibayarkan perusahaan, pertama-tama anda perlu mengunduh laporan keuangan perusahaan yang anda cari melalui situs IDX. Baca langkah-langkahnya disini: Cara Mendapatkan Laporan Keuangan Perusahaan. 

Setelah anda download laporan keuangan yang anda cari, anda buka file PDF-nya. Katakanlah kita mau mencari nilai dividen pada PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM). Maka kita download laporan keuangannya. Untuk mempermudah contohnya, anda bisa buka file PDF laporan keuangan TLKM disini: Contoh Laporan Keuangan TLKM. 

Untuk mencari nilai dividen, langkah2nya sebagai berikut: 

1. Buka laporan ekuitas (kalau pada contoh TLKM, ada di halaman 8)


Setelah anda masuk ke laporan ekuitas, anda lihat pada akun Dividen Kas. Lalu anda lihat nomor pada Catatan (perhatikan tanda lingkaran merah diatas). Disitu tertulis nomor 2w, 28. Artinya, penjelasan tentang dividen ada pada Catatan Atas Laporan Keuangan (CALK) nomor 2w dan nomor 28. 

2. Cari nilai dividen melalui Catatan Atas Laporan Keuangan 

Untuk mencari besarnya nilai dividen, maka biasanya akan dijelaskan pada CALK yang nomornya paling akhir, yaitu nomor 28. Nomor awal (2w) biasanya hanya menjelaskan tentang deskripsi saja. Maka dari itu, kalau anda ingin mencari nilai dividen, kita akan mencari pada CALK nomor 28. 

Mengenai CALK nomor 28 pada contoh laporan keuangan TLKM, anda bisa lihat di halaman 81. Seperti ini tampilannya.


Pada catatan 28 dapat anda lihat, keterangan mengenai nilai dividen yang dibayarkan perusahaan, di mana tertulis dividen yang dibayarkan pada tahun 2014 adalah sebesar Rp74,55 per saham dan dividen interim (spesial dividen) sebesar Rp14,91 per saham. 

Sedangkan pada tahun 2015, dividen kas yang dibayarkan adalah sebesar Rp78,86 per saham dan dividen interim (spesial dividen) sebesar Rp15,77 per saham. 

Itulah cara membaca / mencari nilai dividen pada laporan keuangan perusahaan... 

Postingan populer dari blog ini

10 Membuat Masker Tanah Liat Terbukti Untuk Hilangkan Komedo

Saham IPO untuk Trading

3 Kunci untuk Profit Saham - Alexander Elder