Berapa Banyak Saham yang Anda Miliki?

Aktivitas trading saham (Beli dan jual saham) yang anda lakukan sehari-hari, harus dibarengi dengan kemampuan anda untuk mengelola: Modal dan komposisi (jumlah) portofolio saham anda. 

Jangan sampai anda membeli terlalu banyak saham, atau sebaliknya, membeli satu saham saja dengan seluruh modal anda, padahal saham tersebut adalah saham yang risikonya lebih tinggi dibandingkan rewardnya. Salah satu hal inilah yang menyebabkan trader mengalami kerugian besar di pasar saham: Tidak bisa mengatur komposisi portofolio. 

"Jadi berapa banyak sebaiknya trader memegang saham di porto-nya?" Tanya anda 

Sebenarnya syarat mutlak mengenai berapa banyak saham yang harus anda miliki. Semuanya juga bergantung dari pengalaman trading anda.  

Saya pernah menemukan trader yang bangga karena bisa memiliki 15 saham perusahaan mulai dari ASII, TLKM, UNVR dan lain2. Namun ada juga trader yang cuma pegang satu saham, karena takut mau nambah beli saham lagi. 

Apakah ini salah? Tidak, tidak salah. Tetapi sebanyak apapun saham yang anda pegang, anda harus bisa jawab pertanyaan: Apakah saham-saham di porto anda bisa membuahkan profit untuk anda? 

Atau jangan-jangan, trader memiliki banyak saham, tetapi sahamnya adalah saham nyangkut semua. Apakah satu saham yang anda miliki adalah saham bagus yang sudah menghasilkan profit untuk anda? 

Inilah yang harus bisa anda jawab. Nah kalau ternyata anda punya banyak saham tapi tidak menghasilkan profit, maka anda harus evaluasi kembali strategi trading anda, salah satunya adalah KOMPOSISI PORTOFOLIO. 

Itulah mengapa di materi ebook yang pernah saya terbitkan disini: Buku Saham, saya menulis dan menjabarkan secara detail cara melakukan manajemen modal yang benar, termasuk saya membahas komposisi portofolio ideal untuk pemula, maupun untuk anda yang sudah trading beberapa tahun. 

Artinya, maksud dari pernyataan saya diatas adalah: Memiliki puluhan saham di portofolio BUKANLAH sesuatu yang bisa anda banggakan. Demikian juga, kalau anda cuma punya 1 saham doank, maka itu bukanlah sesuatu yang buruk. 

Tidak ada salahnya anda senang memiliki banyak saham perusahaan bagus, karena saya pribadi juga senang ketika bisa memiliki perusahaan-perusahaan besar di Indonesia seperti Bank BRI, Bank BCA yang bisa menghasilkan keuntungan dalam jangka panjang. Actually, inilah sebenarnya salah satu keuntungan anda beli saham, anda punya kesempatan untuk memiliki perusahaan2 bagus di Indonesia, right?

Namun tujuan anda utama dan saya trading maupun investasi adalah untuk mendapatkan keuntungan, mendapatkan profit. Jadi saham apapun yang anda miliki, berapapun saham yang anda punya, anda harus melakukan analisa2 terhadap saham anda. 

Kalau anda punya banyak saham tapi banyak yang nggak profit, lain kali kurangi jumlah portofolio anda. Kalau anda punya satu saham dan anda bisa profit, anda bisa tambah beli saham yang lain. 

Komposisi portofolio ideal untuk trader, termasuk berapa modal yang sebaiknya anda gunakan untuk trading, juga banyak saya bahas disini: Buku Saham.

Postingan populer dari blog ini

10 Membuat Masker Tanah Liat Terbukti Untuk Hilangkan Komedo

11 Membuat Masker Tanah Liat Secara Alami Untuk Hilangkan Komedo

8 Membuat Masker Madu Dan Susu Teruji Untuk Hilangkan Komedo