Panduan Belajar (Trading) Saham Online

Anda yang ingin bisa belajar saham dan melakukan transkasi beli jual saham, anda harus memulainya dengan membuka akun saham di kantor sekuritas. Karena software saham yang disediakan oleh sekuritas nantinya akan anda gunakan untuk analisis saham, pantau saham real time, membeli, menjual saham dan lain-lain. 

Bagi anda yang lokasinya jauh dari kantor sekuritas, atau mungkin di kota terdekat anda tidak ada kantor sekuritas, actually anda nggak perlu jauh-jauh datang ke kantor sekuritas. Saat ini hampir semua sekuritas menyediakan sarana untuk membuka akun saham secara online.

Terkait hal ini, saya pernah menuliskan ebook gratis yang berisi panduan-panduan membeli saham untuk pemula. Anda bisa download ebooknya free disini: Ebook Gratis Panduan Membeli Saham Bagi Pemula. 

Nah, setelah anda membuka rekening saham di kantor sekuritas, anda akan mendapatkan username dan password untuk login ke software trading anda (software trading bisa anda download di website sekuritas tempat anda join). 

Selain itu, sekarang ini anda juga bisa memantau saham di manapun anda berada, selama anda punya koneksi internet. Karena semua sekuritas juga sudah menyediakan fasilitas software untuk memantau harga saham (dan juga trading) melalui smartphone anda (selain laptop dan PC). 

Beli jual saham berarti anda membeli saham perusahaan2 yang go public di Indonesia alias perusahaan Terbuka. Kita semua tahu bahwa ada banyak sekali perusahaan2 go public, dan banyak juga perusahaan go public yang sangat terkenal, memiliki nama besar, punya kinerja bagus, rajin bagi dividen. 

Perusahaan-perusahaan gede di Indonesia

Jadi untuk "memiliki perusahaan", anda sudah bisa melakukannya secara online, dengan cara membeli sahamnya. Bisa anda lihat perusahaan2 diatas. Perusahaan2 tersebut adalah perusahaan2 besar di Indonesia, sekaliber Unilever, Bank BRI, Bank BCA, Astra International, Telkom, HM Sampoerna dan lain2 yang sahamnya sudah bisa anda beli.

Kalau anda punya keinginan untuk ikut menjadi pemilik perusahaan Bank BCA misalnya, anda bebas membeli sahamnya setelah anda membuka akun rekening sekuritas dan melakukan setor modal. 

Tentu saja akan menjadi kebanggaan tersendiri jika anda bisa menjadi salah satu pemilik perusahaan2 besar di Indonesia. Apalagi kalau anda ikut mendapatkan keuntungan dari laba perusahaan (dividen). 

Anda yang ingin punya saham perusahaan, ingin berinvestasi atau trading, mulai saat ini, ubahlah mindset konsumtif anda menjadi mindset investasi, karena dengan membeli saham, selain anda bisa mendapatkan keuntungan, anda bisa menjaga nilai uang anda akibat inflasi. 

Kesimpulannya, agar anda bisa belajar saham dan beli jual saham secara online, mulailah dahulu dengan membuka rekening saham di kantor sekuritas (bisa anda lakukan secara offline maupun online). Setelah itu, anda bisa memulai membeli saham yang anda inginkan, dan melakukan analisa-analisa saham lanjutan. 

Ada banyak media / saran yang bisa anda gunakan untuk belajar saham secara lebih intens. Salah satunya di web Saham Gain ini, saya juga banyak membahas tentang belajar saham, dan pengalaman2 saya dalam main saham. Baca juga: Cara Membeli Saham Online.

Postingan populer dari blog ini

10 Membuat Masker Tanah Liat Terbukti Untuk Hilangkan Komedo

11 Membuat Masker Tanah Liat Secara Alami Untuk Hilangkan Komedo

8 Membuat Masker Madu Dan Susu Teruji Untuk Hilangkan Komedo